Wakil Bupati Kukar Edi Damansyah pimpin Apel Hardiknas 2017 tingkat Kab. Kukar.

Tenggarong Wakil Bupati (Wabup) Kutai Kartanegara (Kukar), Edi Damansyah pimpin pelaksanaan Apel peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2017 di halaman Kantor Bupati Kukar. Selasa, (02/05/2017) pagi. Apel Hardiknas tahun 2017 ini turut dihadiri unsur pimpinan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kukar

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy dalam sambutannya yang dibacakan memberikan penghargaan setinggi-tingginya atas dedikasi, komitmen, dan segala ikhtiar yang telah dilakukan oleh para guru; pamong dan tenaga kependidikan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa; dan rela menghabiskan waktunya untuk mendidik para generasi penerus di bangsa ini. ”Guru memiliki peran yang amat mulia dan amat strategis. Berbanggalah menjadi seorang guru,” ujar Wabup Kukar saat membacakan sambutan Mendikbud.

Ia juga mengatakan apa yang menjadi pemikiran dan prinsif pendidikan dari Ki Hadjar Dewantara menjadi dasar acuan visi Presiden RI Joko Widodo dibidang pendidikan, dalam visi Presiden tersebut dikatakannya masa depan Indonesia sangat ditentukan oleh generasi peserta didik masa kini yang memiliki karakter serta budi pekerti yang kuat dan menguasai berbagai bidang keterampilan hidup abad 21, dalam rangka mewujudkan visi tersebut Kemendikbud menurutnya telah melakukan reformasi pendidikan nasional baik pada tataran konseptual maupun manejerial dengan melakukan penyelarasan, penyatuan dan pembaruan dibidang kebudayaan dan pendidikan.

Mengakhiri sambutan, Wabup Kukar melanjutkan, diharapkan profesionalisme guru dapat terus ditingkatkan sebagai upaya untuk mengemban keprofesiannya dalam menumbuhkembangkan generasi di Indonesia.

”Beberapa kebijakan strategis demi membentuk guru yang profesional, sejahtera, bermartabat, dan terlindungi sedang dan akan terus dilakukan oleh Pemerintah di semua tingkatan. Semoga ke depan guru-guru di Indonesia dapat terus melahirkan siswa yang berprestasi,” tutup Edi Damansyah.

Sementara itu, Bupati Kukar, Rita Widyasari tidak bisa menghadiri Apel Hardiknas tingkat Kabupaten Kutai Kartanegara dikarenakan menghadiri Apel Hardiknas di tingkat Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim). Dalam acara tersebut, Rita Widyasari mendapat penghargaan dari gubernur setempat atas perhatian dan jasa mereka terhadap pengembangan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS), sehingga SMAN 1 Kota Bangun yang dibina juga mendapat prestasi sebagai juara pertama Lomba Sekolah Sehat tingkat Kaltim dan berhak mengikuti lomba tingkat Nasional mewakili Kaltim.

Penulis : Rolli Maulana

Komentar

Komentar