THL Diminta Lengkapi Berkas Untuk PPBASN . (photo by Rolli)

Tenggarong Menindaklanjuti Surat Edaran dari Badan Kepegawaian Nasional (BKN) dan Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kab. Kukar) nomor 800/II.2-10/A.SE/IV/BKPPD/2017 tentang pendataan Pegawai Pemerintah Bukan Aparatur Sipil Negara (PPBASN), Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kab. Kukar melaksanakan Validasi dan verifikasi data PPBASN di lingkungan Disdikbud Kab. Kukar.

Ditemui usai pertemuan dengan Tenaga Harian Lepas (THL) Disdikbud Kab. Kukar, Plt. Disdikbud Kab. Kukar Hifsi G.Fachrannas yang diwakili Kepala Sub Bagian Kepegawaian, Haspian Nur Nafsy menuturkan jika Disdikbud Kab. Kukar mengambil langkah cepat dalam mengumpulkan data PPBASN (THL.red) yang digaji oleh APBD melalui Pengguna Anggaran Disdikbud Kab. Kukar.

”data tersebut paling lambat Rabu ini sudah kami terima yang selanjutnya diverifikasi dan diolah untuk dijadikan database yang akan diserahkan ke BKPPD. Pengumpulan berkas ini juga dalam rangka tata kelola manajemen arsip kepegawaian pada Disdikbud Kabupaten Kutai Kartanegara khususnya THL. Jangan sampai teman-teman THL bekerja dengan beban kerja ASN tapi administrasi mereka terabaikan sehingga nanti saat diminta BKPPD atau Instansi lain yang berhubungan dengan berkas tersebut tidak lagi kita repot karena semua berkas sudah tersaji pada lemari arsip kepegawaian,” ujarnya.

Haspian Nur Nafsy juga menambahkan jika yang dikumpulkan adalah SK awal hingga akhir, TMT pertama bertugas dengan tujuan untuk mengetahui THL mana yang bekerja pada Disdikbud disesuaikan dengan lama bekerjanya.

Kegiatan ini juga bertujuan untuk mengevaluasi Disdikbud bahwasannya kedepan apabila ada formasi rekrutmen tenaga administrasi menjadi Calon ASN,Disdikbud sudah mempunyai data bahwasannya inilah THL yang selama ini bekerja di Disdikbud dan menjadi prioritas.

Selain itu, Ia juga menambahkan Jika awal tahun kemaren adalah berkas perpanjangan kontrak THL dimana setiap tahun harus ada perpanjangan kontrak. ”dengan kondisi ekonomi sekarang, Jarak yang jauh, wilayah yang luas maka kita harus bisa menyikapi hal tersebut maka kedepannya hanya pemberkasan analisis penilaian kinerjanya saja. Berkas sudah tersedia di kepegawaian hanya kita memastikan apakah disekolah tersebut memang kekurangan guru sehingga dilakukan perekutan guru kembali dan mengangkat kembali THL yang ada,” ungkap Haspian Nur Nafsy.

”untuk disampaikan, pemberkasan kali ini bukan untuk perpanjangan THL akan tetapi untuk melengkapi data yang diminta BKN melalui BKPPD Kabupaten Kutai Kartanegara untuk dijadikan berkas database Pegawai Pemerintah Bukan Aparatur Sipil Negara dari SK awal hingga SK akhir,” jelas Kasubag Kepegawaian ini.

Ditemui terpisah, Kepala Bidang Pembinaan Ketenagaan Disdikbud Kab. Kukar, Fadli Yulizannur mengungkapkan bahwa Disdikbud Kab. Kukar selalu mengapresiasi THL karena kerja THL sangat luar biasa, tanpa dipungkiri keberadaan THL sangat membantu pekerjaan – pekerjaan yang begitu banyak di Dinas ini. ”terus terang saya sendiri banyak mengandalkan THL karna itu kami selalu memperjuangkan bagaimana caranya mensejahtrakan THL,” jelasnya.

Terkait masalah pemberkasan ini, Fadli Yulizannur menyampaikan jika Ini sebenarnya proses administrasi jika nanti BKPPD Kab. Kukar meminta kelengkapan dengan cepat, Disdikbud sudah punya arsip dan data-datanya.

”kami berharap, bukan kami saja yang punya Beck up tapi teman-teman THL juga punya beck up sendiri, semua berkas di scan sehingga cukup bawa flasdisc kemana-mana berkas sudah lengkap sehingga saat diperlukan sudah ada,” harap Fadli Yulizannur.

Fadli Yulizannur juga meminta kepada seluruh THL untuk tetap bekerja sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing jangan hiri dengan sesama THL atau ASN yang ada, Ada pekerjaan/kegiatan ataupun tidak, tetaplah masuk kantor sehingga saat diperlukan ada dan cepat. ”tunjukkan jika kalian pantas untuk dipertahankan dan pantas untuk dibela serta pantas untuk diajukan menjadi Calon ASN berdasarkan kinerja kalian,” tutupnya.

Penulis : Rolli Maulana

Komentar

Komentar