Kerjasama; Wabup Kukar Edi Damanyah bersama Michael Mc Garvey selaku Director of Camrbridge Learning for School saat menandatangani nota kesepahaman peningkatan kualitas pendidikan dasar di Kukar. (by hayru)

Tenggarong – Sebagai upaya serius meningkatan sumber daya manusia masyarakatnya, Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) kembali bekerjasama dengan Cambridge University Press Inggris, kali ini dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan dasar. Kerjasama tersebut, ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman antara Pemkab Kukar dalam hal ini oleh Wakil Bupati Edi Damansyah, dengan pihak Cambridge University Press yaitu Michael Mc Garvey selaku Director of Camrbridge Learning for School, di Pendopo Odah Etam Tenggarong, Selasa (8/11/2016).

Wabup Edi Damansyah mengatakan kerjasama tersebut merupakan bagian dari langkah strategis untuk membangun SDM Kukar yang berkualitas dan berkompeten, sebagaimana tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menangah Daerah yang sudah ditetapkan. Dikatakannya, kerjasama dengan Cambridge sudah dilakukan sejak 6 Mei 2014 lalu, dalam hal program pengembangan pendidikan bahasa Inggris, khsusnya ditingkat SMP dan SMA/SMK. Hingga saat ini Kukar telah mengirimkan 40 guru yang terpilih untuk menimba ilmu di Bell Cambridge University, Inggris.

Sedangkan kerjasama kali ini, dikatakannya adalah untuk meningkatkan kualitas pendidikan ditingkat Sekolah Dasar. Edi menginginkan program dari Cambridge untuk SD itu menjadi muatan pelajaran prioritas, sehingga kerjasama yang dilakukan dapat diimplementasikan dengan baik. Selanjutnya Edi berharap, Dinas Pendidikan melakukan evaluasi terhadap hasil kerjasama tersebut, sehingga bisa benar-benar bermanfaat dan hasilnya dapat terukur. Disdik juga diminta untuk mempersiapkan konsep terencana terhadap lanjutan kerjasama tersebut.

Edi mengatakan, sepulangnya para guru yang tengah menimba ilmu di Cambridge, para guru tersebut akan menjadi motor penggerak guru-guru lainnya di Kukar dengan berbagi pengetahuan yang didapat di Inggris. “Kita tak ingin sekedar kerjasama saja, tapi harus berkelanjutan dalam implementasinya. Jangan sampai ilmu yang didapatkan dari Cambridge hilang begitu saja,” demikian ujarnya.

Sementara Kepala Disdik Kukar Wiyono mengatakan, kerjasama dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan dasar itu akan diimplementasikan mulai 2017 mendatang. Wiyono mengatakan, bentuk kerjasama yang dilakukan yaitu pihak Cambridge akan memberikan kurikulum dan panduan mengajar bagi para guru, khususnya dalam bidang Bahasa Inggris. “Untuk sementara, ini akan mulai diterapkan bagi semua Sekolah Dasar di Tenggarong, kedepannya Insyaallah juga akan diterapkan di seluruh Kukar,” ujarnya.

Tujuan kerjasama tersebut, menurut Wiyono agar para siswa SD bisa lebih mengenal Bahasa Inggris sejak dini, sehingga saat lanjutan tingkat SMP dan SMA kemampuannya dapat lebih meningkat, bahkan sudah mahir berbahasa Inggris. Acara penandatanganan MoU tersebut dihadiri unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Sekda Kukar H Marli, beberapa kepala SKPD, Direktur Cultural Exchange and International Education Foundation (CEIEF) Parawansa Assoniwora, perwakilan Cambrideg University Press, dan para guru SD di Tenggarong.

Sumber : Humas Kukar

Komentar

Komentar