Tenggarong Sebanyak 201 peserta dari 18 kecamatan mengikuti Olimpiade Sains Nasional (OSN) jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat tingkat Kabupaten Kutai Kartanegara.

Acara yang dibuka langsung oleh Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Kutai Kartanegara, Hifsi G.Fachrannas melalui Kepala Bidang Pendidikan Menengah (Dikmen) Tulus Sutopo ini berlangsung di SMPIT Tenggarong pada Sabtu, (11/03/2017) pagi.

Menurut Ketua Panitia sekaligus Kepala Seksi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter Dikmen, Kusrani. OSN ini merupakan kegiatan Nasional dan sebagai wahana bagi siswa untuk mengimplementasikan hasil kegiatan pembelajaran di sekolah dalam rangka meningkatkan ilmu pengetahuan khususnya dalam bidang sains.

”OSN ini bertujuan untuk menjaring siswa yang mempunyai kompetensi (Kemampuan.red) dalam mata pelajaran masing-masing yaitu Matematika, IPA dan IPS serta dapat menghasilkan calon yang dapat diandalkan dan diharapkan agar dapat mewakili Kababupten Kutai Kartanegara pada seleksi Olimpiade Sains pada tingkat Provinsi sampai ke tingkat Nasional,” ujar Kusrani.

Sementara itu, Tulus Sutopo mengungkapkan jika di Kab. Kutai Kartanegara ini memiliki 174 sekolah namun pada kegiatan OSN ini hanya 66 sekolah yang mengirimkan anak didiknya untuk berkompetisi. ”sesuai SOP juklat OSN, semua sekolah yang masuk dalam Dapodik harus mengirimkan pesertanya. Saya jadi bertandatanya bagi sekolah yang tidak mengirimkan peserta didiknya oleh karena itu sekolah yang tidak mengirimkan akan kita panggil, saya tidak akan mengeluarkan unek-unek kepada sekolah yang mengirim saat ini tapi akan langsung saya sampaikan kepada yang tidak mengirim,” ungkapnya.

Ditambahkannya (Tulus Sutopo.red) kegiatan OSN ini selain untuk menjalin silaturahmi, juga mempunyai makna sebagai mendidik mental peserta didik sehingga tidak hanya merasa pintar disekolah.

Penulis : Rolli Maulana

Komentar

Komentar