TenggarongKamis, (18/05/2017) lalu. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) melepas anggota Satuan Karya (Saka) Widya Budaya Bakti dan Saka Pariwisata asal Kukar untuk mengikuti Perkemah Cagar Budaya dan Museum Kalimantan Timur 2017 di kecamatan Sangasanga.

Pada Perkemah Cagar Budaya dan Museum Kaltim 2017 ini Kukar mengutus 10 sangga atau sebanyak 80 anggotanya dibawah pimpinan kontingen Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kukar dan akan bergabung bersama kontingen Kabupaten/Kota lain se Kaltim pada 19 hingga 23 Mei 2017 ini.

Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kukar, Edi Damansyah melalui Wakil Ketua Bidang Pembinaan Anggota Muda, Munawar menyampaikan jika kegiatan ini adalah kegiatan kalimantan timur. ”kami mengharapkan bawa nama baik kita yang sudah diakui bahwa kita adalah Kwartir Cabang tergiat di Kalimantan Timur. Ambil hikmah dari kegiatan ini dan carilah teman sebanyak-banyaknya,” ujar Munawar.

Beliau juga menjelaskan, sebagai amanat Nasional, Gerakan Pramuka menjadi salahsatu bank data, jangan sampai anggota pramuka tidak mengetahui keberadaan Cagar Budaya dan Museum serta objek wisata khususnya di Kalimantan Timur.

”Kita hanya mengutus 80 anggota, masih banyak diluar sana yang tidak terpilih, beritahu mereka apa yang didapat dari Perkemah Cagar Budaya dan Museum Kalimantan Timur 2017 ini agar mereka juga mengetahui informasi-informasi tentang Cagar Budaya dan Museum serta objek wisata yang patut untuk kita jaga dan kita pelihara,” ungkap Munawar.

Kepala Disdikbud Kab. Kukar melalui Kepala Bidang Kebudayaan H. Anjar Asmara menuturkan harapan yang sama, sebagai perwakilan Kukar, ”Harapan kita sebagaimana juga harapan dari kakak Kwarcab bahwa adik-adik adalah perwakilan dari Kubupaten Kutai Kartanegara yang mengikuti perkemahan ini tolong dijaga tata kramah kita sebagai anggota pramuka karena walaupun kegiatan ini masuk wilayah Kukar, tidak semua anggota kita bisa berangkat kesana. Adik-adik lah yang terpilih untuk mewakili 18 Kwaran,” harapnya.

Pelepasan ini juga dihadiri Seketaris Kwarcab Gerakan Pramuka Kukar, Aji Ali Husni dan unsur pimpinan dilingkungan Disdikbud Kab. Kukar.

Penulis : Rolli Maulana

Komentar

Komentar