Karnaval anak didik KB. Syafirah Bukit Biru dalam rangka hari R. A. Kartini, Jum'at, (21/02/2017)

TenggarongMemperingati hari lahirnya Raden Adjeng Kartini ke 138 tahun 2017 ini, Kelompok Bermain (KB). Syafirah Kelurahan Bukit Biru menggelar Karnaval di Kelurahan Bukit Biru – Kecamatan Tenggarong.

Kegiatan yang diikuti para siswa KB. Syafirah dengan didampingi guru-gurunya ini digelar jum’at, (21/04/2017) pagi kemarin dengan menampilkan keragaman pakaian adat Indonseia.

Ditemui diruang kerjanya, Kepala KB. Syafirah, Muhaymiah mengungkapkan jika kegiatan ini untuk memperkenalkan salahsatu Pahlawan Nasional yaitu Raden Adjeng Kartini dimana beliau memperjuangkan hak-hak wanita agar wanita-wanita Indonesia bisa mengenyam pendidikan. Seperti zaman sekarang emansipasi wanita sudah bisa bekerja dibidang apa saja sama seperti para pria.

”Dengan kegiatan Karnaval dalam rangka memperingati hari jadi R. A. Kartini ini kami berharap anak-anak bisa mengenal keragaman budaya Indonesia apalagi Indonesia ini memiliki bermacam-macam suku dengan budayanya namun dengan perbedaan itu justru membuat kita bangga akan keragaman dan kekayaan Indonesia. Dengan adanya Karnaval ini kita tidak hanya memperingati hari R. A. Kartini namun memperkenalkan keragaman pakaian adatnya,” ujar Muhaymiah.

Lembaga ini sebenarnya sudah lama ada, bernama Darul Sakinah namun ketua yayasan tersebut melimpahkan pengelolaan KB yang ada di bukitbiru ini kepada kelurahan bukitbiru dan akhirnya pada tahun 2014 dibentuklah yayasan baru dibawah kelurahan Bukit Biru bernama Yayasan Syafirah dibawah asuhan bapak Zunaidi yang juga menjabat kepala sekolah di Darul Ulum. Sejak tahun 2014 hingga sekarang KB. Syafirah sudah meluluskan 109 siswanya.

Ditambahkan Muhaymiah, KB. Syafirah ini juga memiliki agenda dua bulan sekali setiap hari sabtu mengajak siswanya berenang, pengenalan lingkungan berupa perkenalan dalam berkebun hingga panen sayur. ”mereka diajarkan mulai dari menyemai, proses tumbuhnya hingga panen, sehingga mereka merasakan panen sendiri dan ke esokan harinya menggelar masak dan makan bersama. Selain itu pula kita memiliki jadwal rekreasi kesejumlah tempat objek wisata yang ada di Tenggarong,” tambahnya.

Sumber : mediakukar.com

Komentar

Komentar