Disdik Gelar Rakorbangdik

Tenggarong – Dalam rangka penetapan indikator kinerja Dinas Pendidikan sebagai bahan penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Kutai Kartanegara dan Rencana Strategis (Renstra) Dinas Pendidikan tahun 2016-2021, Dinas Pendidikan Kabupaten Kutai Kartanegara (Disdik Kukar) menggelar Rapat Koordinasi Pembangunan Pendidikan (Rakorbangdik) pada Senin, (30/05) di hotel Grand Elty Singgasana Tenggarong.

Acara yang dibuka langsung oleh kepala Disdik Kukar, Wiyono ini diikuti 80 peserta yang merupakan Pejabat dilingkungan Disdik Kukar, Kepala UPT (Unit Pelaksana Teknis) dan Kepala TU UPT Disdik Kukar, Koordinator Pengawas, serta Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SD/SMP/SMA/SMK se Kukar.

Seketaris Disdik Kukar, Yuliandris Suherdiman selaku Ketua Pelaksana, dalam laporannya menyampaikan jika perencanaan pendidikan adalah hal yang sangat penting dan perlu terus dilakukan dalam rangka untuk terus melakukan evaluasi terhadap kegiatan-kegiatan Disdik sehingga dapat diketahui lebih awal permasalahannya untuk dicarikan solusi penyelesaian serta pembangunan pendidikan lima tahun kedepan yaitu 2016-2021.

Ditambakankanya, tujuan diselenggarakannya Rakorbangdik ini untuk mengevaluasi indikator kinerja Disdik yang termasuk dalam RPJMD Kukar dan Renstra Disdik tahun 2010-2015. Menetapkan isu strategis, tujuan, sasaran dan indikator kinerja Disdik Kukar tahun 2016-2021 sebagai bahan penyusunan RPJMD Kukar dan Renstra Disdik tahun 2016-2021. ”kita harus menetapkan kondisi eksisting sarana dan prasarana sekolah sesuai Standar Pelayanan Minimal (SPM) sebagai Data Base awal perencanaan pembangunan Sapras Pendidikan tahun 2016-2021 serta pembahasan permasalahan-permasalahan pendidikan lainnya yang dianggap perlu,” ujar Yuliandris.

Selaku panitia penyelenggara, Yuliandris berharap kegiatan ini berjalan sesuai dengan yang diharapkan dan menghasilkan rekomendasi-rekomendasi terhadap perbaikan pada Disdik Kukar yang akan datang dalam mendukung program pemerintah Kukar.

Sementara itu, kepala Disdik Kukar, Wiyono memberikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh jajaran Disdik Kukar yang terus-menerus berbenah untuk selalu melakukan perbaikan-perbaikan program pendidikan di Kukar. ”Apa yang kita lakukan hari ini, sebagai salahsatu usaha untuk melakukan rekonsiliasi dan koordinasi bersama terhadap isu strategis pendidikan untuk dicari solusi dan jalan keluar terbaiknya sehingga menjadi kesepakatan perencanaan pendidikan selama lima tahun kedepan,” ungkapnya.

Sebagai motor penggerak peningkatan SDM, (jelas Wiyono.red), Disdik Kukar mempunyai tugas yang sangat berat, yaitu mencerdaskan masyarakat khususnya di Kukar dan mewujudkan semua itu harus dengan kerja keras, kesungguh-sungguhan dan ketulusan serta melakukan perencanaan yang baik, matang dan tepat sasaran sehingga target peningkatan mutu pendidikan bisa terlaksana dan berjalan baik.

”dalam rangka melaksanakan tugas dan fungsi pendidikan, tentunya Dinas Pendidikan harus melakukan rekonsilisasi terhadap semua steakholder pendidikan untuk terus berdiskusi dan berkoordinasi menyelesaikan permasalahan pendidikan dan mencapai terobosan yang baru guna meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Kutai Kartanegara,” jelas Wiyono dalam sambutannya saat membuka langsung Rakorbangdik.

Beberapa strategi pembangunan pendidikan Kukar 2016-2021 diantaranya menguatkan kualitas aparatur pendidikan, meningkatkan kualitas program PAUD, wajib belajar 9 tahun, memantapkan komitmen dan sinergitas pembangunan pendidikan antar Pusat, Provinsi dan Kabupaten Kukar, dan mendorong peningkatan partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan serta mendorong pengembangan pendidikan non formal dan kecakapan hidup.

Komentar

Komentar